PT. Digital Media Techindo

Perum Pondok Tandala, Jl. Bungur V No. 230
Kawalu, Kota Tasikmalaya
Jawa Barat - Indonesia 46182


Berisi.id – Cloud gaming akan menjadi salah satu terobosan untuk masa depan industri game, Kabarnya Apple mempublikasikan paten Cloud Gaming untuk 5G. Beberapa perusahaan telah mengembangkan sistem ini, termasuk Google dan Microsoft. Google menyebutnya dengan sebutan Google Stadia dan Microsoft dengan xCloud untuk Xbox. Akan tetapi kedua sistem yang sedang dikembangkan ini sempat mendapat pelarangan untuk hadiri di Apple Store.

Dilansir dari Gamerant(19/8), Apple baru-baru ini mempublikasikan paten sistem Cloud Gaming untuk 5G. Paten yang diberi nama ”Enabling Interactive Service for Cloud Rendering Gaming in 5G Systems” ini dipublikasikan di Eropa. Paten ini awalnya diajukan di World Intellectual Property Organization atau Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia awal februari tahun ini.


Apple Cloud Gaming 5G
Sumber : Gamerant

Baca Juga : Sony Patenkan Teknologi AI yang Bisa Menggantikan Gamers AFK

Dalam Paten ini tidak menampilkan penjelasan yang detail terkait teknologi ini selain kemampuannya dalam memanfaatkan jaringan 5G. Kecuali beberapa penjelasan teknis terkait subscription untuk layanannya dan penyebaran sumber daya ke seluruh jaringan.

Tentunya hal ini menjadi rumor sebagai alasan kenapa Apple Store menolak Google Stadia dan xCloud Xbox di App Store. Mungkin salah satu penyebabnya karena Apple merasa keduanya akan menjadi saingannya kelak. Akan tetapi, hal ini tidak dikonfirmasi secara resmi oleh pihak Apple sendiri.

Hal ini memberikan gambaran bagaimana Apple akan membuat Cloud Gaming untuk 5G. Paten ini memberikan sedikit gambaran tentang bagaimana sistem Cloud Gaming milik Apple berjalan nantinya.