Belum ada sanksi hukum Untuk ODHA

Belum ada sanksi hukum Untuk ODHA

Saat ini, belum ada sanksi hukum bagi Orang Dengan HIV dan AIDS (ODHA) yang dengan sengaja menularkan penyakit yang diidapnya ke orang lain.

Namun kendatipun demikian kata Pengelola data HIV/AIDS di Dinas Kesehatan, Yarmin Kamis (16/3/2017) pagi, sudah ada ketentuan tersendiri yang mengatur hal tersebut.

Hanya saja kata dia, perbuatan tersebut hanya digolongkan sebagai perbuatan yang dengan sengaja menimbulkan keresahan di masyarakat.

Sanksinya, identitas dan status ODHA akan dibuka sejelas-jelasnya kepada publik.

“Orang yang dengan sengaja membuat masyarakat resah, statusnya itu bisa dibuka ke umum,” sebutnya.

Ketentuan ini, juga selalu disampaikan ketika mengadakan konseling.

“Dalam konseling, kita berikan shock therapy seperti itu. Misalnya dia PSK (Pekerja Seks Komersial) yang sudah terdeteksi, tidak menyarankan pelanggannya memakai kondom, statusnya itu akan kita buka,” ujarnya.

Lebih jauh dia menyampaikan, penanganan HIV/AIDS di Indonesia sudah diatur melalui program Strategic use of antiretroviral (SUFA).

Salah satu yang diatur dalam SUFA ini, orang-orang yang sangat berpotensi seperti PSK, pasangan sesama jenis akan dilakukan test HIV dan yang dinyatakan positif akan diwajibkan meminum obat.

“Kalau dia minum obat, potensi menularkan ke orang lain berkurang, jumlah virus dalam tubuh ditekan, daya tahan tubuh ditingkatkan,” terangnya.

Bersumber : Kaltim Tribunnews

Mari Berbagi

Kontributor By: On: ♦ Mari Berbagi, SHARE jika Bermanfaat.



Subscribe

Tuliskan Alamat email anda dibawah :

No Responses


MEREKA MEMBUTUHKAN BANTUAN ANDA.. BERAPA BESAR JIWA SOSIAL ANDA ..?
LAYANAN SURVEY ONLINE

Tinggalkan Balasan




informasi hasil pencarian google, yahoo, bing, tentang seo, kontak, alamat, SMS center, facebook, twitter, google Plus, Line, whatsapp, Instagram, telegram, youtube, Donasi, sumbangan, Donatur, Relawan, Dewan Pengurus Pusat, Badan Kesejahteraan Sosial, Badan pendidikan dan pelatihan, Badan Pers Media Cyber, Badan Ekonomi Kerakyatan, Badan Advokasi Publik, Forum Komunikasi dan Konsultasi, Berbagi Rezeki antar sesama, Program Sejahtera Bersama, forum tanya jawab, apa yang kamu pikirkan, ORGAN, LEMBAGA, BADAN, WAKIL WAKIL MASYARAKAT, UNDANG UNDANG, PUTUSAN PUTUSAN, ATURAN ATURAN, PERNAK PERNIK UNIK, KESEJAHTERAAN SOSIAL, PENANGGULANGAN SOSIAL, PENGENDALIAN SOSIAL, PEMBERDAYAAN SOSIAL, REHABILITASI SOSIAL, PERLINDUNGAN SOSIAL, PENDAMPINGAN SOSIAL BANTUAN SOSIAL, JAMINAN SOSIAL, KESEHATAN MASYARAKAT, BISNIS DAN USAHA, BUMI & LINGKUNGAN, EKONOMI RAKYAT, POLITIK, HUKUM, KEAMANAN, JURNALIS & CYBER MEDIA, SEJARAH, SENI & BUDAYA, DUNIA PENDIDIKAN, TEKNOLOGI INFORMATIKA, situs Pulsa gratis Dunia maya Website Lembaga Generasi Penerus Sosial GENPENUS Belajar dan Berkarya Untuk Kepentingan Bersama , Masyarakat dan Negara . Pusat Layanan Berita Informasi Organisasi, Lembaga, Badan Usaha, Wakil Rakyat, Undang Undang, Peraturan, keputusan, Unik, Menarik, Kesejahteraan, Penaggulangan, Pengendalian, Pemberdayaan, Rehabilitasi, Perlindungan, Pendampingan, Berita, Bantuan, Kesehatan, Masyarakat, Bisnis, Usaha, Bumi, Lingkungan, Ekonomi, Politik , Hukum, Keamanan, Jurnalis, Media cyber, Sejarah, Seni, Budaya, Pemuda, Pendidikan, Teknologi, Informatika, aktivitas GENPENUS pusat, pendidikan, latihan, aplikasi online terbaik, organisasi terbaik, lsm terbaik, lembaga terbaik, ormas terbaik, orsos terbaik, lsm, ormas, organisasi , lembaga sosial , organisasi sosial, ekonomi, keuangan, lembaga pendidikan, website organisasi terbaik dan terpercaya di indonesia.



error: Hak Cipta Dilindungi ALLAH SWT !!!!!