PT. Digital Media Techindo

Perum Pondok Tandala, Jl. Bungur V No. 230
Kawalu, Kota Tasikmalaya
Jawa Barat - Indonesia 46182


Berisi.id – Meskipun game Cyberpunk 2077 banyak dihujat karena bug-nya, akan tetapi menjadi salah satu atensi terbesar seluruh dunia. Banyak gamer mencoba untuk mendapatkan gamenya dengan cara apapun, baik legal hingga ilegal. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh para hacker nakal untuk membuat sebuah aplikasi mobile palsu berjudul Cyberpunk 2077 Mobile yang berisi ransomware.

Perlu diingat bahwa saat ini CD Projekt Red tidak membuat Cyberpunk 2077 versi Android/iOS sama sekali. Dengan kata lain semua aplikasi yang mengaku bahwa gamenya hadir dalam versi beta mobile adalah aplikasi palsu dengan malware di dalamnya.

Malware ini ditemukan oleh malware analyst dari Kaspersky Android, Tatyana Shishkova. Ia menyebutkan jika terdapat situs palsu layaknya Google Play Store yang menawarkan versi mobile dari Cyberpunk 2077. Namun pada kenyataannya setelah diinstall, aplikasi tersebut justru memasang ransomware pada smartphone para korbannya.

Baca Juga : Compal, Salah Satu Produsen Laptop Terbesar Di Dunia, Diserang Ransomware

Ransomware ini bernama CoderWare yang akan mengubah semua file korbannya menjadi ekstensi .coderCrypt. Shishkova mengatakan bahwa ransomware ini menggunakan “hardcoded key” yang mana bisa dilepas menggunakan decryptor tanpa harus membayar tebusan.


Dalam instruksi yang tampil dalam ponsel pintar, mereka harus membayar bitcoin yang setara dengan US$500 dalam waktu 10 jam. Jika tidak, maka para hacker akan menghapus file yang telah terinfeksi.

Ransomware CoderWare sama persis dengan BlackKingdom yang sempat heboh pada awal tahun 2020 lalu. Ransomware ini sama persis dengan yang ditemukan MalwareHunterTeam pada bulan November 2020 yang mana ia “menyamar” sebagai installer Cyberpunk 2077 untuk Windows.

Kami menyarankan untuk tidak mendownload aplikasi apapun di luar play store agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Terlebih jika malah mengesampingkan fakta bahwa saat ini Cyberpunk 2077 hanya tersedia di PC, console, dan cloud gaming.

Cyberpunk 2077 saat ini sudah bisa dimainkan di PC, PlayStation 4, dan Xbox One.