PT. Digital Media Techindo

Perum Pondok Tandala, Jl. Bungur V No. 230
Kawalu, Kota Tasikmalaya
Jawa Barat - Indonesia 46182




Penjahat siber yang mencuri data pribadi tidaklah perlu menggunakan informasi hasil curian itu sendiri. Kemungkinan besar, mereka akan menjual data tersebut di darkweb di mana khalayak luas orang dapat membeli lalu menggunakannya dan menghasilkan keuntungan yang lain. Tapi berapa nilai data pribadi seseorang di pasar darkweb? Dalam laporan terbaru dari Reviews.org, diungkapkan kisaran harga yang berlaku untuk setiap data pribadi yang dijual.

Di antara rekening keuangan seseorang, detail rekening bank sangat berharga, dibundel seharga $259,56. Baris berikutnya adalah nomor kartu debit, yang dibundel $250,05, diikuti oleh akun PayPal  di $42,38, dan kemudian kartu kredit di $33,88.

Mengapa kartu debit jauh lebih berharga daripada kartu kredit? Karena kartu debit itu langsung menarik dana yang diperlukan dari rekening bank. Tetapi biaya kartu kredit menunggu pembayaran hingga siklus penagihan berikutnya, sehingga pencurian jenis ini tidaklah mudah.

Image: Reviews.org

Data dari bukti identitas seseorang, SIM dibundel seharga $27,62, sedangkan paspor seharga $18.45. Lalu untuk akun email, akun Gmail dibundel seharga $5,87 dan Yahoo Mail seharga $1,65. Dan bagi siapa saja yang masih memiliki akun AOL, itu dibundel dengan harga murah yaitu 41 sen.

Kisaran harga untuk akun e-commerce tergantung pada vendornya. Akun Amazon dibundel seharga $30,36, diikuti oleh akun Best Buy seharga $26,54, dan akun eBay seharga $21,66.

Bagi kita semua yang menggunakan media sosial, akun Facebook dibundel seharga $9,12, akun Reddit seharga $6,21, dan akun Twitter seharga $2,02. Akun kencan online Match berlaku di harga $7,86. Untuk pengguna ponsel, akun T-Mobile berada di paling atas, dibundel seharga $16, diikuti oleh Verizon di $11,81, dan AT&T di $7,81. Tetapi kredensial Skype dibundel murah hanya dengan $1,25.


Terakhir, akun untuk layanan hiburan bervariasi dalam harganya. Di bagian teratas daftar adalah akun NBA, yang dijual seharga $15,04. Akun Apple dibundel serharga $11,36, akun Netflix seharga $10,73, akun HBO seharga $7,58, dan akun Hulu seharga $5,01. Tetapi akun Ticketmaster dapat diperoleh hanya dengan $1,53.

Pencurian identitas yang terjadi tergantung pada berbagai faktor, termasuk kata sandi dan keamanan dari pihak vendor. Tetapi salah satu faktor yang berperan adalah lokasi seseorang, menurut Review.org. Seperti di antara berbagai negara bagian AS, Nevada adalah yang paling berisiko untuk pencurian identitas, diikuti oleh Florida dan kemudian Alaska. Negara-negara yang paling tidak berisiko adalah Iowa, South Dakota, dan Mississippi.

Baca Juga: “Baru Dirilis, Alat Monitoring Gratis Untuk Cek Pemaparan Di Darkweb

Untuk melindungi diri dari pencurian identitas, Reviews.org memberikan dua saran:

Perlindungan pencurian identitas. Mendaftar di layanan perlindungan pencurian identitas, yang bisa memantau laporan kredit dan rekening bank. Jika ada aktivitas mencurigakan yang muncul, layanan akan segera memberi tahu sehingga kamu dapat mengambil langkah yang tepat.

VPN. Seseorang dapat mengurangi kemungkinan pencurian identitas dengan menggunakan VPN saat menjelajahi web. VPN dapat menyembunyikan identitas dan penyedia internet pengguna dengan mengenkripsi koneksi.

Untuk menyusun laporan ini, dikatakan bahwa Reviews.org berkonsultasi terkait data dengan FBI dan 10 VPN top. Setiap negara diberi peringkat berdasarkan risiko terhadap pencurian identitas berdasarkan jumlah kasus pencurian identitas per 100.000 orang dan jumlah kasus pelanggaran data pribadi per 100.000 orang.

Sumber:

administrator

Just a simple person who like photography, videography, code, and cyber security enthusiast.