Dua Rumah Layak Huni Dibangun Lazis IRMA

Dua Rumah Layak Huni Dibangun Lazis IRMA

Memiliki tempat tinggal layak huni adalah harapan dua keluarga ini. Bagi mereka harapan itu hanya sebatas mimpi yang sulit direalisasikan. Namun, Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Sedekah (Lazis) Ikatan Muslim Riau Andalan (IMRA) tengah mewujudkan mimpi dua keluarga kurang mampu tersebut di Kelurahan Kerinci Timur, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan dengan membangun rumah layak huni bagi Heri Maryono (43) dan Ramin (51). Hal itu mereka utarakan saat acara peletakan batu pertama di rumah Heri jalan Amir Hasan, Kamis (21/4/2016) lalu.

Heri yang sehari-hari bekerja sebagai buruh bangunan ini tak menyangka bakal menempati rumah yang layak huni. Sebelumnya, ia menghuni rumah yang hanya terbuat dari kayu, triplek dan seng bekas dari tempat ia bekerja. Bahkan, lantainya pun hanya disemen tipis. Keadaan itu bukan disengaja, tetapi hingga saat ini ia belum mampu membangun rumah bagi istri dan keempat anaknya.

“Sekarang saya dan keluarga tinggal dibelakang rumah, bangunannya dari triplek bekas. Rumah kami dulu hanya ada tiga ruangan, ruang tamu, kamar dan dapur. Saya tidur di ruang tamu, sedangkan istri dan anak anak tidur dikamar. Bahkan, material rumah berasal dari tempat saya bekerja. Jujur, saya pribadi bersyukur sekali mendapatkan bantuan dari Lazis IMRA ini, akhirnya kami bisa punya rumah layak huni,” kata Heri.

Hal senada juga diutarakan Ramin. Pria asal Indramayu ini telah tinggal di jalan Datuk Engku Raja Lela sejak 2009 silam. Ia sangat bahagia rumahnya bakal punya rumah yang layak. Setiap hujan atau angin kencang tiba, pencari barang bekas ini tidak perlu lagi berjuang menghindari tempias hujan.

“Kalau sudah hujan lebat atau angin kencang, rumah kami bocor, lantainya yang dari tanah lembab. Dengan adanya program dari Lazis IMRA ini, kami tidak merasakan air hujan masuk ke dalam rumah kami, Alhamdulillah,” ujarnya.

Dalam acara peletakan batu pertama ini langsung dihadiri Sekretaris Camat (Sekcam) Pangkalan Kerinci, Juhermansyah. Ia mengatakan program Lazis IMRA sangat membantu dan bermanfaat untuk warganya. Selain itu, program yang dilakukan Lazis IMRA ini sangat mendukung program Pemerintah untuk mewujudkan rumah yang layak bagi warga negara.

“Kami sangat apresiasi kegiatan ini. Pasalnya, dengan program bedah rumah untuk warga kurang mampu dapat mengurangi beban pemerintah dan hal ini patut di contoh oleh organisasi lainnya di Pangkalan Kerinci. Kami juga mengajak berbagai pihak untuk saling bahu-membahu untuk membantu warga yang masih dibawah garis kemiskinan, apakah itu bantuan rumah layak huni, atau bantuan lainnya. Agar warga yang kurang mampu dapat hidup dengan baik,,” ujarnya.

Ketua Lazis IMRA, H Mispan mengatakan program bedah rumah ini adalah program perdana yang dilakukan oleh IMRA . Tahun 2016 ini, sebanyak lima rumah tengah dibangun. Masing-masing tiga di desa Kuala Terusan dan dua di Kecamatan Pangkalan Kerinci.

“Kami ingin membantu warga yang kurang mampu untuk punya rumah yang layak. Tiga rumah di desa Kuala Terusan kami renovasi dan dua rumah kami bangun tipe 36. Kelima rumah ini telah kami survei sejak November 2015 lalu. Dana pembangunan rumah ini berasal dari zakat, infaq dan sedekah warga Riau Komplek PT RAPP. Pengerjaan rumah-rumah warga ini memakan waktu dua minggu,” kata Mispan yang bekerja di Departemen LP & C PT RAPP ini.

Sementara itu, Ketua Lazis IMRA, Amrizal Amnur mengatakan total dana untuk membangun dua rumah tersebut sekitar Rp 53 juta. Sedangkan untuk renovasi tiga rumah, IMRA mengeluarkan dana sekitar Rp 27 juta.

“IMRA tidak hanya memiliki program bedah rumah. Saat ini sebanyak 150 anak yatim hingga ke jenjang perguruan tinggi. Selain itu, IMRA juga membantu modal usaha bagi warga yang ingin berwirausaha dan sembako bulanan untuk warga yang kurang mampu,” tutupnya.

Sumber : pekanbaru.tribunnews

Mari Berbagi

Kontributor By: On: ♦ Mari Berbagi, SHARE jika Bermanfaat.



Subscribe

Tuliskan Alamat email anda dibawah :

No Responses


MEREKA MEMBUTUHKAN BANTUAN ANDA.. BERAPA BESAR JIWA SOSIAL ANDA ..?
LAYANAN SURVEY ONLINE

Tinggalkan Balasan




informasi hasil pencarian google, yahoo, bing, tentang seo, kontak, alamat, SMS center, facebook, twitter, google Plus, Line, whatsapp, Instagram, telegram, youtube, Donasi, sumbangan, Donatur, Relawan, Dewan Pengurus Pusat, Badan Kesejahteraan Sosial, Badan pendidikan dan pelatihan, Badan Pers Media Cyber, Badan Ekonomi Kerakyatan, Badan Advokasi Publik, Forum Komunikasi dan Konsultasi, Berbagi Rezeki antar sesama, Program Sejahtera Bersama, forum tanya jawab, apa yang kamu pikirkan, ORGAN, LEMBAGA, BADAN, WAKIL WAKIL MASYARAKAT, UNDANG UNDANG, PUTUSAN PUTUSAN, ATURAN ATURAN, PERNAK PERNIK UNIK, KESEJAHTERAAN SOSIAL, PENANGGULANGAN SOSIAL, PENGENDALIAN SOSIAL, PEMBERDAYAAN SOSIAL, REHABILITASI SOSIAL, PERLINDUNGAN SOSIAL, PENDAMPINGAN SOSIAL BANTUAN SOSIAL, JAMINAN SOSIAL, KESEHATAN MASYARAKAT, BISNIS DAN USAHA, BUMI & LINGKUNGAN, EKONOMI RAKYAT, POLITIK, HUKUM, KEAMANAN, JURNALIS & CYBER MEDIA, SEJARAH, SENI & BUDAYA, DUNIA PENDIDIKAN, TEKNOLOGI INFORMATIKA, situs Pulsa gratis Dunia maya Website Lembaga Generasi Penerus Sosial GENPENUS Belajar dan Berkarya Untuk Kepentingan Bersama , Masyarakat dan Negara . Pusat Layanan Berita Informasi Organisasi, Lembaga, Badan Usaha, Wakil Rakyat, Undang Undang, Peraturan, keputusan, Unik, Menarik, Kesejahteraan, Penaggulangan, Pengendalian, Pemberdayaan, Rehabilitasi, Perlindungan, Pendampingan, Berita, Bantuan, Kesehatan, Masyarakat, Bisnis, Usaha, Bumi, Lingkungan, Ekonomi, Politik , Hukum, Keamanan, Jurnalis, Media cyber, Sejarah, Seni, Budaya, Pemuda, Pendidikan, Teknologi, Informatika, aktivitas GENPENUS pusat, pendidikan, latihan, aplikasi online terbaik, organisasi terbaik, lsm terbaik, lembaga terbaik, ormas terbaik, orsos terbaik, lsm, ormas, organisasi , lembaga sosial , organisasi sosial, ekonomi, keuangan, lembaga pendidikan, website organisasi terbaik dan terpercaya di indonesia.



error: Hak Cipta Dilindungi ALLAH SWT !!!!!