PT. Digital Media Techindo

Perum Pondok Tandala, Jl. Bungur V No. 230
Kawalu, Kota Tasikmalaya
Jawa Barat - Indonesia 46182


Berisi.id – Dunia game dan teknologi kembali mendapat kabar duka setelah sebelumnya Norman Abramson, Salah satu Pencipta WiFi Meninggal dunia. Kali ini kabar duka datang dari salah satu pelopor gaming pada platform PC, khususnya pengguna OS Windows. Eric Engstrom, salah satu pengembang pertama dari DirectX, dikabarkan telah meninggal dunia di usia 55 tahun pada 1 Desember 2020 lalu.

Dilansir dari Engadget (16/12), The Wall Street Journal melaporkan bahwa salah satu pengembang Microsoft DirectX, Eric Engstrom meninggal dunia pada tanggal 1 Desember 2020 akibat komplikasi setelah mendapatkan cedera yang sangat parah.

Baca Juga : Norman Abramson, Pencipta WiFi Meninggal Dunia

Untuk diketahui, Eric Engstrom memiliki peranan sangat penting dalam dunia game. Pasalnya, Ia bersama dengan Alex St. John dan Craig Eisler menjadi orang yang memiliki peran kunci dalam mengembangkan DirectX. DirectX sendiri merupakan antarmuka pemrograman yang membuat game Windows dapat dijalankan dan membuka jalur untuk Xbox.


Pada tahun 1994, Engstrom bekerjasama dengan St. John untuk membantu membuat game dalam sistem operasi Windows 95. Pada saat itu, pengembang lebih menyukai overhead rendah dan kontrol DOS yang lebih populer dibandingkan dengan apa yang ada pada Windows 3.1.

Selain mengerjakan proyek tersebut, Engstrom juga membantu St. John mengembangkan platform DirectX. Meskipun pada saat itu dukungan dari Microsoft sendiri masih kurang. Pemimpin Windows Brad Silverberg bahkan harus berjuang untuk mempertahankan Engstrom, St. John, dan Eisler agar tetap mengembangkan platform tersebut hingga saat ini menjadi sangat besar.

Meskipun butuh waktu lama, DirectX pun menjadikan Windows sebagai platform andalan untuk game PC. Standar ini juga memberi Microsoft dasar untuk Xbox dan bahkan varian Windows CE yang mendukung Sega Dreamcast .

Tidak hanya sebatas itu, Kontribusi Engstrom pada Microsoft masih banyak. Ia juga berpartisipasi dalam industri ponsel awal melalui startup Wildseed-nya. Ia juga berkontribusi pada Windows Mobile serta iklan untuk layanan online Microsoft.