Gubuk dekat pembuangan sampah

Gubuk dekat pembuangan sampah

Bertahun-tahun terlunta-lunta pindah dari kota ke kota. Aep Sapari, laki-laki paruh baya berusia 47 tahun selalu berusaha mengumpulkan uang untuk menghidupi istri dan ketiga anaknya. Malang, kemampuan kerjanya sebagai kuli serabutan tak banyak menolongnya.

September 2016 lalu, ia kembali ke kampung halamannya di Cikawari, Desa Mekarmanik, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Tak punya rumah, ia pun membangun gubuk di dekat pembuangan sampah dekat Cikawari. Di ruangan pengap itulah, pasangan Nani dan Aep Sapari beserta ketiga anaknya tinggal. Setiap hari mereka menghirup bau tak sedap dari tempat pembuangan sampah.

Selama lima bulan keluarganya hidup dalam kepungan sampah berbau busuk. Gubuk ukuran 5×4 meter itu tak ada WC, dan bahkan tak ada lampu. Istrinya harus mondar-mandir mengambil air dengan jarak satu km. Ketiga anaknya pun hidup dalam situasi yang tak sehat.

Ketahuan wartawan, mereka akhirnya mendapat pertolongan untuk mengontrak rumah. Tetapi ini tak akan menolongnya lebih jauh. Anak-anaknya butuh kehidupan yang layak untuk aktivitas sekolah. Berpindah-pindah karena mengikuti pekerjaan orangtuanya yang tidak jelas hanya membuat anak-anaknya terlantar.

Relawan Odesa-Indonesia bermaksud mengadvokasinya secara sosial, untuk membelikan tanah secukupnya dan membangunkan rumah. “Untuk pekerjaan, sementara waktu bisa kami bantu dengan bekerja apapun. Saya menyambungkan dengan warga di sekitar agar selalu ada pekerjaan,” kata Enton Supriyatna, pemimpin redaksi Galamedia yang membantu urusan keluarga Aep Sapari. 

Semoga Aep dan keluarga bisa memiliki kehidupan yang lebih baik kelak. 

Sumber : VIVA

Mari Berbagi

Kontributor By: On: ♦ Mari Berbagi, SHARE jika Bermanfaat.



Subscribe

Tuliskan Alamat email anda dibawah :

No Responses


MEREKA MEMBUTUHKAN BANTUAN ANDA.. BERAPA BESAR JIWA SOSIAL ANDA ..?
LAYANAN SURVEY ONLINE

Tinggalkan Balasan




informasi hasil pencarian google, yahoo, bing, tentang seo, kontak, alamat, SMS center, facebook, twitter, google Plus, Line, whatsapp, Instagram, telegram, youtube, Donasi, sumbangan, Donatur, Relawan, Dewan Pengurus Pusat, Badan Kesejahteraan Sosial, Badan pendidikan dan pelatihan, Badan Pers Media Cyber, Badan Ekonomi Kerakyatan, Badan Advokasi Publik, Forum Komunikasi dan Konsultasi, Berbagi Rezeki antar sesama, Program Sejahtera Bersama, forum tanya jawab, apa yang kamu pikirkan, ORGAN, LEMBAGA, BADAN, WAKIL WAKIL MASYARAKAT, UNDANG UNDANG, PUTUSAN PUTUSAN, ATURAN ATURAN, PERNAK PERNIK UNIK, KESEJAHTERAAN SOSIAL, PENANGGULANGAN SOSIAL, PENGENDALIAN SOSIAL, PEMBERDAYAAN SOSIAL, REHABILITASI SOSIAL, PERLINDUNGAN SOSIAL, PENDAMPINGAN SOSIAL BANTUAN SOSIAL, JAMINAN SOSIAL, KESEHATAN MASYARAKAT, BISNIS DAN USAHA, BUMI & LINGKUNGAN, EKONOMI RAKYAT, POLITIK, HUKUM, KEAMANAN, JURNALIS & CYBER MEDIA, SEJARAH, SENI & BUDAYA, DUNIA PENDIDIKAN, TEKNOLOGI INFORMATIKA, situs Pulsa gratis Dunia maya Website Lembaga Generasi Penerus Sosial GENPENUS Belajar dan Berkarya Untuk Kepentingan Bersama , Masyarakat dan Negara . Pusat Layanan Berita Informasi Organisasi, Lembaga, Badan Usaha, Wakil Rakyat, Undang Undang, Peraturan, keputusan, Unik, Menarik, Kesejahteraan, Penaggulangan, Pengendalian, Pemberdayaan, Rehabilitasi, Perlindungan, Pendampingan, Berita, Bantuan, Kesehatan, Masyarakat, Bisnis, Usaha, Bumi, Lingkungan, Ekonomi, Politik , Hukum, Keamanan, Jurnalis, Media cyber, Sejarah, Seni, Budaya, Pemuda, Pendidikan, Teknologi, Informatika, aktivitas GENPENUS pusat, pendidikan, latihan, aplikasi online terbaik, organisasi terbaik, lsm terbaik, lembaga terbaik, ormas terbaik, orsos terbaik, lsm, ormas, organisasi , lembaga sosial , organisasi sosial, ekonomi, keuangan, lembaga pendidikan, website organisasi terbaik dan terpercaya di indonesia.



error: Hak Cipta Dilindungi ALLAH SWT !!!!!