PT. Digital Media Techindo

Perum Pondok Tandala, Jl. Bungur V No. 230
Kawalu, Kota Tasikmalaya
Jawa Barat - Indonesia 46182




Berisi.id – Game GTA sudah tidak asing lagi di telinga para penggemar game Action Adventure. Apalagi sejak lama game ini juga mengusung tema open world. Tidak heran GTA punya berbagai seri yang cukup populer. Saat ini pengembang GTA, Rockstar sedang fokus pada game GTA online. Game GTA yang beberapa waktu lalu sempat mendapat pembaruan baru bernama Cayo Perico Heist. Namun seiring dengan itu isu baru datang, Hacker dikabarkan mampu meretas data pribadi pemain GTA Online.

Dilansir dari Gamerant (05/01), penggemar thebrickprince telah mengingatkan Rockstar soal bahaya eksploitasi GTA Online. Ia memperingatkan soal ancaman modder atau hacker yang gemar mengutak-atik sistem menu dari game ini. Sistem tersebut bisa memaksa pemain untuk keluar dari mode single player dan invite only.

Tidak hanya itu, masih ada risiko keamanan yang bisa sangat parah terjadi. Bentuk eksploitasinya sendiri dapat menyebabkan bocornya akses beberapa informasi penting seperti informasi pribadi pemain, akun Rockstar, dan alamat IP.

Dengan memanfaatkan informasi penting tersebut para pemain dapat menirima beberapa serangan komputer seperti DDOS  (distributed denial-of-service) yang dapat menyerang IP tertentu. Serangan SWAT, dimana seseorang sengaja menelpon polisi SWAT untuk mendatangi alamat tersebut atas sebuah laporan palsu, dll


Baca Juga : Malware Baru Winnti Group Targetkan Developer Video Game

Ini bisa memberikan gambaran tentang adanya celah keamanan dalam GTA online yang bisa hacker manfaatkan untuk meretas data pribadi. Mengingat sudah ada kasus serang DDOS terhadap pemain game lain. Para pemain GTA Online sangat perlu mewaspadai hal tersebut.

Selain itu, Eksploitasi ini memungkinkan akses ke informasi pemain lain. Serta memungkinkan pemain yang tdak bertanggung jawab untuk memalsukan nama dan ID Rockstar mereka, sehingga tidak mungkin untuk mencekal mereka.

Dalam postingannya, thebrickprince mengucapkan permohonan kepada Rockstar “Saya mohon @RockstarSupport dan @RockstarGames untuk melakukan sesuatu tentang ini. Anda telah mengirim cease and desists ke menu sebelumnya, silakan lakukan lagi. Harap lakukan perubahan pada game Anda yang tidak mengizinkan modder untuk melakukan ini. Tolong lakukan sesuatu.”

GTA Online telah mengalami banyak eksploitasi selama masa rilisnya, meskipun sebagian besar tidak terlalu membahayakan fisik pemain. Sampai saat ini, Rockstar belum menanggapi berita ini atau merilis rencana untuk menambal eksploitasi ini.