PT. Digital Media Techindo

Perum Pondok Tandala, Jl. Bungur V No. 230
Kawalu, Kota Tasikmalaya
Jawa Barat - Indonesia 46182




Layanan enkripsi email Lavabit yang berbasis di Texas, yang terpaksa ditutup pada tahun 2013 kali ini dibuka kembali. Layanan tersebut ditutup karena tidak mematuhi perintah dari pengadilan yang meminta akses ke SSL-key. Yang mana pengadilan bertujuan untuk mengintip isi email Edward Snowden. Layanan enkripsi email ini kembali dibuka pada hari Jum’at kemarin.

Lavabit hadir kembali dengan arsitektur baru dan beberapa perbaikan masalah. Yang mana menurut CEO-nya, Ladar Levison, masalh tersebut merupakan ancaman terbesar. Beberapa perbaikan juga termasuk meningkatkan fitur privasi. Yang mana akan membantu penggunanya mengirim email tanpa ada yang menyadap (man-in-the-middle attack).

Lavabit Kini Hadirkan Fitur Surveillance-Proof

Levison juga merilis source code untuk open-source enkripsi end-to-end standar email global yang menjanjikan pesan surveillance-proof. Yang mana akan menyembunyikan metadata pada email. Hal ini ditujukan untuk mencegah lembaga seperti NSA/FBI mengetahui dengan siapa pengguna Lavabit berkomunikasi.


Disebut Dark Internet Mail Environment (DIME), dan akan tersedia di Github. Bersama dengan program server mail terkait yang disebut Magma. Dan siap untuk digunakan dengan Dark Internet Mail Environment.

Menurut Levison, server Magma dirancang untuk menawarkan sebuah aplikasi yang digunakan. Sehingga pengguna non-teknis dengan klien email dapat menggunakan layanan email yang dienkripsi Lavabit dengan mudah.

Standar DIME menghadirkan mode enkripsi yang terpercaya. Sehingga pengguna tak perlu khawatir dan percaya pada server untuk mengelola enkripsi dan kunci mereka.

DIME ini juga menawarkan Cautious Mode dan Paranoid Mode untuk pengguna yang menginginkan kontrol penuh atas kunci enkripsi mereka. Sehingga kunci mereka tidak pernah mengirimkan secara acak dan sembarangan. Dan Paranoid Mode disini berarti Lavabit tidak akan pernah menyimpan kunci pribadi pengguna pada server.

Untuk sekarang, layanan Lavabit ini hanya akan dapat diakses oleh pelanggan yang sudah ada. Dan hanya menjalankan mode terpercaya.

Namun buat kamu yang bukan pelanggan Lavabit sebelum layanan tersebut ditutup pada tahun 2013, kamu bisa pre-register dan menunggu perilisan finalnya.


administrator

Just a simple person who like photography, videography, code, and cyber security enthusiast.