PT. Digital Media Techindo

Perum Pondok Tandala, Jl. Bungur V No. 230
Kawalu, Kota Tasikmalaya
Jawa Barat - Indonesia 46182


Seperti yang kita ketahui, Virus bisa masuk ke komputer kamu melalui berbagai cara. Oleh karena itu, saya disini akan memberikan cara menghapus virus yang mudah di dalam komputer tanpa harus menginstal antivirus. Saya akan menyebutkan tiga metode yang akan membantu kamu menghapus antivirus di dalam komputer kesayanganmu.

Virus Bisa memasuki komputer kita melalui berbagai cara seperti melalui Internet Browsing, dari perangkat USB dan juga dengan menginstal beberapa perangkat lunak yang terinfeksi.

Virus ini membuat komputer kita berjalan lambat dan juga beberapa virus berbahaya dapat mencuri data kita. Virus ini juga dapat merusak sistem oprasi di dalam komputer juga, ada metode yang berbeda untuk menghapus virus ini sesegera mungkin.

Dengan metode yang cepat tanpa program antivirus, kamu hanya perlu mengikuti beberapa metode sederhana di bawah ini.

1. Hapus Virus Komputer, Menggunakan Command Prompt

Langkah 1. Pertama-tama, klik pada Start dan ketik cmd. Lalu klik kanan pada icon cmd dan pilih Run as administrator. Dan command prompt akan terbuka, sekarang pilih drive yang ingin kamu hapus virusnya.

Langkah 2. Contoh disini saya akan mencoba pada drive D. Jadi sekarang ketik “dir D: attrib -s -h / s / d * *.” Dan tekan enter.

Catatan: D disini sebagai drive yang dijadikan contoh, Kamu dapat mengubah drive sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.

Langkah 3. Sekarang command prompt akan mengeksplorasi drive yang dipilih dan akan memuat semua file pada drive komputer kamu.

Langkah 4. Sekarang jika kamu melihat file.exe yang tidak biasa atau autorun.inf, ubah nama file itu (mengubah nama filename.extension nama file baru)

Selesai sudah! Sekarang kamu dapat mengakses drive komputermu tanpa terpengaruhi dari virus.

2. Menonaktifkan Layanan Mencurigakan Dalam Task Manager

Langkah 1. Pertama-tama, buka task manager dengan menekan CTRL + SHIFT + ESCAPE dan mengakhiri semua layanan yang mencurigakan di bagian layanan.

Langkah 2. Sekarang dari tugas baru, jalankan msconfig.

Langkah 3. Sekarang di kotak msconfig pergi ke tab layanan dan kemudian hapus centang setiap layanan yang mencurigakan.


Langkah 4. Sekarang Kamu perlu membuka tab berikutnya “Startup”. Lihatlah apa ada file yang mencurigakan.

Sekarang buka command prompt dan pergi ke lokasi berkas tersebut. Dan mengubah atribut file seperti yang dibahas dalam metode pertama dengan bantuan CMD. Dan kemudian kamu hanya tinggal menghapus file dari sana.

3. Menggunakan Scanner Online Untuk Memindai File

Dengan Menggunakan Virus Total

Virus Total adalah layanan gratis yang menganalisa file yang mencurigakan dan URL dan memfasilitasi deteksi cepat virus, worm, trojan, dan segala macam malware.

Langkah 1. Buka www.virustotal.com di browser.

Langkah 2. Sekarang Kamu perlu memindai file yang dicurigai di Virustotal. (Ukuran Max adalah 128MB)

Langkah 3. Virustotal, Kamu dapat memindai URL tertentu atau bahkan seluruh situs. Untuk itu, kamu hanya perlu memasukkan URL yang dicurigai bawah “URL” di VirusTotal. Setelah kamu memilih file atau URL lalu tekan Scan It.

Dengan Menggunakan Metadefender online Scanner

Metadefender adalah salah satu aplikasi yang paling populer dan platform ancaman intelijen. Tool ini memungkinkan kamu untuk memilih file hingga 140MB dan dapat memindai online.

Langkah 1. Pertama-tama, Kamu harus mengunjungi situs Metadefender online Scanner dari browser.

Langkah 2. Sekarang Kamu perlu memilih file yang ingin Kamu pindai.

Langkah 3. Jika file yang telah Kamu pilih memiliki malware atau virus, maka ia akan menampilkan rincian ancaman.

Dengan Menggunakan VirSCAN

Langkah 1. Pertama-tama, Kamu perlu untuk mengunjungi Virscan.org di browser.

Langkah 2. Sekarang kamu harus memilih file yang akan di pindai lalu tekan “Scan”.

Langkah 3. Sekarang Kamu perlu menunggu beberapa detik sampai selesai pemindaian.

Langkah 4. Sekarang Kamu akan ditampilkan hasil scan penuh bersama dengan nama scanner dan jenis file.

Begitu banyak cara menghapus Virus dari komputer kesayangan mu dengan cepat dan gak pake ribet. Proses ini sangat efesien dan tidak memerlukan instalasi aplikasi antivirus apapun.