PT. Digital Media Techindo

Perum Pondok Tandala, Jl. Bungur V No. 230
Kawalu, Kota Tasikmalaya
Jawa Barat - Indonesia 46182




Errorcybernews.id – Facebook telah meluncurkan fitur video chat terbarunya bernama Messenger Rooms sebagai alternatif aplikasi telekonferensi. Facebook mengklaim, telekonferensi bisa digunakan oleh pengguna Facebook, Messenger, dan bahkan yang tidak memiliki akun Facebook sekalipun.

Meskipun tidak punya akun facebook, jika memiliki link ruang meeting, maka bisa bergabung dengan akses melalui browser, namun tidak bisa jadi host. Daya tampung fitur video chat ini mencapai 50 orang dengan waktu panggilan yang tidak terbatas.

Messenger Rooms bisa diakses menggunakan smartphone ataupun desktop. Apabila dibuka melalui smartphone, tata letak video hampir sama dengan panggilan video WhatsApp. Sedangkan melalui PC, tata letaknya akan mirip dengan aplikasi Zoom, yakni kotak-kotak. Untuk tampilan desktop dapat menampilkan hingga 16 kotak peserta dan 8 kotak video di smartphone.

Dilansir dari Tek.id(1/5), untuk memulai rapat di Messenger Rooms, seorang host wajib memiliki akun Facebook terlebih dahulu. Jika kalian menggunakan Messenger, tinggal klik menu People yang ada menu bagian bawah. Lalu akan ada pilihan Create a room di atas daftar teman yang sedang aktif.


Namun, untuk Messenger melalui Facebook di desktop, belum ada fitur Messenger Rooms. Mungkin untuk sekarang, menjadi host dan membuat ruangan hanya bisa melalui Messenger di ponsel.

Messenger Rooms dilengkapi dengan efek-efek AR dari Facebook yang bisa dipakai saat video berlangsung. Ada juga filter untuk membuat kualitas video semakin bagus. Beberapa fitur tersebut membuatnya lebih unggul dibandingkan platform telekoferensi lainnya. Namun, fitur tersebut hanya dapat digunakan bagi partisipan yang mengakses lewat aplikasi Messenger.

Baca Juga : Video Call WhatsApp Kini Bisa Tampung 8 Orang Partisipan

Sama seperti platform lainnya, Messenger Rooms ada fitur share screen sehingga bisa digunakan untuk presentasi. Dan untuk sisi keamanannya, Messenger Rooms memiliki fitur mengunci ruangan. Fitur ini dapat mencegah partisipan lain masuk.

Rumornya, nanti Messenger Rooms akan terintegrasi dengan anak perusahaan Facebook lainnya yakni WhatsApp dan Instagram. Integrasi ini memungkinkan para pengguna dari lintas aplikasi masuk ke ruangan yang sama.