PT. Digital Media Techindo

Perum Pondok Tandala, Jl. Bungur V No. 230
Kawalu, Kota Tasikmalaya
Jawa Barat - Indonesia 46182




Se-ongok dan segelintir group hacker berhasil mendapatkan 3 juta dollar sampai 5 juta dollar setiap harinya dari operator iklan palsu Methbot. Pendapatan tersebut mereka hasilkan dari trafik yang berasal dari Amerika Serikat. Kasus ini pun merupakan kasus penipuan iklan digital terbesar yang pernah ditemukan.

Perusahaan pencegahan penipuan online White Ops menemukan penipuan baru dalam media periklanan digital ini. Dan hal tersebut pun dijuluki “Methbot”. Jadi si Methbot ini secara otomatis menghasilkan lebih dari 300 juta tayangan penipuan iklan dalam format video setiap harinya.

Geng cyber crime AFT13 diduga mengembangkan Methbot robo-browser spoofs untuk melakukan semua interaksi yang diperlukan. Diantaranya untuk memulai, melaksanakan, dan menyelesaikan transaksi iklan.

Group hacker ini diduga berbasis di Rusia. Sudah terdaftar lebih dari 6.000 domain dan 250.267 URL berbeda yang meniru merek dan nama website bertrafik tinggi. Seperti ESPN, Vogue, CBS Sports, Fox News dan Huffington Post. Dan berhasil menjual slot iklan video palsu.

Cyber criminal dibalik Methbot ini menggunakan server host di Texas dan Amsterdam. Yang menampung daya lebih dari 570.000 bot dengan alamat IP palsu yang sebagian besar milik Amerika Serikat. Sehingga hal ini membuat iklan yang tampak dilihat oleh viewer US.


Para cyber criminal ini kemudian menayangkan iklan video ke dalam konten situs-situs media palsu dan menghasilkan dollar. Dan konten iklan mereka pun seolah-olah dilihat oleh viewer situs yang valid.

Namun kenyataannya, iklan video tersebut dilihat oleh viewer palsu Methbot. Layaknya sepeti viewer yang dihasilkan dari software otomatis lainnya yang mampu meniru viewer dan melihat iklan yang ada.

Untuk membuat bot mereka tampak lebih nyata, group hacker ini menggunakan sebuah metode tertentu. Seperti klik otomatis, informasi login jaringan sosial, dan beberapa gerakan mouse.

Methbot Mampu Hasilkan 3-5 Juta Dollar Per Harinya

Salah satu perusahaan keamanan menemukan bahwa pasukan bot penipu ini mampu menyaksikan iklan sampai dengan 300 juta iklan setiap harinya. Dengan rata-rata pembayaran $13,04 per 1.000 viewer.

Methbot ini sudah dipercaya mampu menciptakan tayangan iklan antara 200-300 juta per harinya. Menargetkan 6.000 publisher dan menghasilkan pendapatan antara 3-5 juta dollar per 24 jam.


Just a simple person who like photography, videography, code, and cyber security enthusiast.