PT. Digital Media Techindo

Perum Pondok Tandala, Jl. Bungur V No. 230
Kawalu, Kota Tasikmalaya
Jawa Barat - Indonesia 46182


Scammer telah membajak tiga saluran YouTube untuk menampilkan penipuan bitcoin yang meniru saluran YouTube SpaceX milik Elon Musk. Sejauh ini, operasi penipuan tersebut telah meraup hampir $150.000 dalam Bitcoin dalam waktu dua hari.

Selama bertahun-tahun, scammer telah meniru Elon Musk dan SpaceX untuk melakukan giveaway cryptocurrency dan penipuan lainnya yang menjanjikan pengembalian signifikan jika pemirsanya mengirimi mereka sedikit Bitcoin.

Sejak kemarin, tiga saluran YouTube yang sebelumnya dikenal sebagai ‘Juice TV,’ ‘Right Human,’ dan ‘MaximSakulevich’ telah dibajak dan diganti namanya menjadi ‘SpaceX Live’ atau ‘SpaceX.’

Salah satu saluran ini memiliki 230.000 subcriber, dan yang lain memiliki 131.000 subcriber. Saluran YouTube SpaceX yang asli itu memiliki 4,33 juta pelanggan.

Semua saluran yang dibajak ini sekarang merupakan rekaman streaming langsung dari Elon Musk yang sedang diwawancarai atau konferensi SpaceX, dan mempromosikan penipuan yang meminta orang mengirim sejumlah kecil Bitcoin untuk mendapatkan kembali dua kali lipat jumlahnya.


Pada saat artikel ini diterbitkan, 80.000 orang menonton siaran langsung, dan penipuan berkedok saluran YouTube SpaceX ini telah menghasilkan hampir $150.000 dalam Bitcoin sejak 8 Juni 2020.

Baca Juga: “XL Axiata Menjalin Kerjasama dengan Google Cloud

Satu saluran meminta pengguna untuk mengirim bitcoin ke alamat 1ELonMUSK14JSGNYAcPJNqubuFByZPyjcj, yang telah menerima 29 transaksi bitcoin dengan total 4,08 BTC. Jumlah ini setara dengan $39.840,18 dalam konversi harga saat ini.

Saluran lainnya menggunakan alamat bitcoin 3EtrSPskMRgwEEE9onLdmwcAFqaH9jj9rM. Alamat ini telah menerima 84 transaksi dengan total 11,23 BTC, yang bernilai $109.658,14.

Secara total, penipuan telah menghasilkan hampir $150.000 dalam dua hari hanya dengan live streaming rekaman video Elon Musk.

Secara umum, pengguna harus menghindari giveaway atau promosi cryptocurrency yang menyatakan bahwa mereka akan mengirimkan dengan kelipatan dari apa yang kamu kirim kepada mereka.


Muhammad Zaky Zulfiqor

Just a simple person who like photography, videography, code, and cyber security enthusiast.