PT. Digital Media Techindo

Perum Pondok Tandala, Jl. Bungur V No. 230
Kawalu, Kota Tasikmalaya
Jawa Barat - Indonesia 46182


Karena pentingnya upaya untuk mendukung proteksi ancaman siber, Xynexis bekerjasama dengan beberapa partner, diantaranya EC Council, Straits Interactive, P1 untuk menyelenggarakan XCE (Xynexis Centre of Excellence) dibawah merek IGNITE yang akan mendesain program awareness perusahaan sesuai dengan level dan tujuan yang ingin di capai.

Program dari XCE ini difokuskan untuk membantu lembaga atau perusahaan dalam membangun pengetahuan serta kemampuan pertahanan dalam lingkup keamanan siber.

EC Council adalah education provider yang membantu Xynexis dalam strategy partner untuk membangun capacity building human atau SDM-nya, khususnya pada dunia keamanan siber,” ujar Tintin Hardijanto, Country Manager EC Council Indonesia.

Menurut Eva Noor, CEO PT Xynexis International, dalam sebuah perusahaan, karyawan adalah garis pertahanan pertama dan utama terhadap kejahatan siber. Di situlah kesadaran akan keamanan siber dibutuhkan untuk membekali karyawan dengan pengetahuan dan keterampilan yang mereka butuhkan.

Pelatihan XCE sebelumnya telah dilakukan selama 3 hari pada tanggal 24-27 Maret 2019 dengan materi terkait insiden respon, dimana feedback dari beberapa perusahaan yang ikut cukup bagus dari sisi konten, sisi sertifikasi, sisi delivery pesertanya, serta dari sisi penyelenggara pelatihan yang dilakukan oleh Xynexis maupun EC council.

Program ini diwujudkan dalam bentuk pelatihan dan workshop yang diselenggarakan secara komprehensif, dan kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan ujian sertifikasi bagi peserta pelatihan tersebut. Pelatihan ini sangat penting untuk menangani dan merespons insiden keamanan siber juga untuk melindungi organisasi dari ancaman atau serangan siber terhadap asset informasi yang dimilikinya di masa depan,” ujar Tintin Hardijanto, saat diwawancarai seusai acara launching program XCE pada tanggal 25 April 2019.


EC Council dalam pelatihan hanya memberikan guidence saja untuk konten materi yang diberikan ke peserta dengan cara membuat sebuah paket, mulai dari access orangnya dengan memberikan sebuah pelatihan yang dibutuhkan dalam dunia Industri. Menurut Tintin, kenapa EC Council menggandeng Xynexis, karena Xynexis adalah perusahaan yang cukup unik yang memiliki berbagai macam ahli di bidangnya masing-masing, khususnya dalam lingkup keamanan siber.

Baca Juga: “Twitter Konfirmasi Alat Internal Perusahaan Digunakan Dalam Insiden Penipuan Bitcoin

XCE memiliki tiga program pengembangan kompetensi yaitu Program Pelatihan, Program Pengembangan Kapasitas, serta Program Awareness, dimana dalam penyelenggaraan pelatihannya, XCE bekerjasama dengan 7 (tujuh) Universitas di Indonesia dan mitra internasional lainnya dalam implementasi pengembangan kompetensi seperti EC-Council dan Straits Interactive, serta mitra domestik lain.

Untuk Program Pengembangan Kapasitas XCE, program ini akan membantu merancang dan memperkuat tim keamanan informasi dan siber untuk pekerjaan permanen atau sementara di perusahaan. Juga membangun dan memperkuat divisi keamanan siber internal organisasi/perusahaan dalam menemukan bakat-bakat utama.

Dengan program ini, kami akan berkolaborasi dengan tim internal perusahaaan dalam upaya rekrutmen mereka untuk menarik bakat yang ada didalam perusahaan,” kata Eva.

Program pelatihan IGNITE mencakup skill teknis dan manajemen keamanan informasi, dimana jenis pelatihan akan dirancang sesuai kebutuhan perusahaaan, yang mana tujuan akhirnya adalah membangun skill-set yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

XCE mengembangkan ekosistem kolaboratif, melalui Program Pengembangan Kapasitas dengan para professional dari tim klien untuk bekerja sama dengan memanfaatkan keahlian serta pengalaman Xynexis dan pendampingan dari tim IGNITE.


Avatar

editor