PT. Digital Media Techindo

Perum Pondok Tandala, Jl. Bungur V No. 230
Kawalu, Kota Tasikmalaya
Jawa Barat - Indonesia 46182




Kali ini ditemukan sebuah kelompok hacker yang menggunakan ransomware untuk mengunci pintu hotel. Ransomware ini menunjukan kemampuannya di sebuah hotel mewah bernama Romantik Seehotel Jägerwir. Ransomware ini juga membajak pusat sistem manajemen kunci.

Pasalnya, kejadian ini ditemukan ketika tamu di hotel tersebut tidak bisa menggunakan key-card mereka untuk masuk kamar. Ketika kejadian tersebut, sistem reservasi dan sistem layanan perusahaan juga dibuat down oleh para hacker.

Seperti Ransomware Lainnya, Ransomware Ini Juga Meminta Uang Tebusan

Ransomware baru ini katanya meminta tebusan sebesar 1,500 EUR ($1.605). Dan pihak hotel mengatakan tidak punya pilihan selain membayar uang tebusan. Keputusan tersebut pihak hotel ambil karena agar masalah dapat diselesaikan dengan cepat.


Setalah uang tebusan dibayar, semua sistem pun kembali normal. Namun, pihak hotel mengkonfirmasi bahwa si hacker meninggalkan backdoor agar dirinya bisa mengakses sistem kembali.

Baca Juga: Aplikasi Ransomware Ini Tebar Pesona Di Google Play Store

Untungnya, Romantik Seehotel Jägerwir cepat untuk mengambil tindakan. Mereka tidak hanya mengganti sistem yang sudah ada. Tetapi juga memutuskan koneksi beberapa komputer untuk menghindari layanan penting down. Hal tersebut mereka lakukan untuk mengantisipasi jika ada serangan lagi di lain waktu.

Mudah-mudahan kejadian seperti ini akan bermanfaat untuk mengingatkan akan bahayanya ransomware. Dan mengingatkan untuk tetap berhati-hati bagi mereka yang menjalankan infrastruktur keamanan yang modern.


Just a simple person who like photography, videography, code, and cyber security enthusiast.