PT. Digital Media Techindo

Perum Pondok Tandala, Jl. Bungur V No. 230
Kawalu, Kota Tasikmalaya
Jawa Barat - Indonesia 46182


Sony kali ini meluncurkan program bug bounty untuk PlayStation Network dan konsol game PlayStation 4. Program ini bertujuan untuk menghargai para peneliti keamanan juga bug hunter yang menemukan bug di perangkat dan situs web yang terkait dengan PlayStation dan melaporkannya ke tim keamanan Sony untuk diperbaiki sebelum adanya eksploitasi.

Sony mengatakan pihaknya berencana untuk membayar hadiah di kisaran antara $100 dan hingga $50.000 (atau bahkan lebih tinggi) untuk kerentanan yang dilaporkan.

Layanan yang masuk dalam lingkup bug bounty ini termasuk konsol game Sony PlayStation 4, sistem operasinya, aksesori PS4 resmi, juga PlayStation Network dan situs web terkait.


Sony vulnerability rewards program (VRP, juga dikenal sebagai program bug bounty) akan dikelola melalui HackerOne, sebuah platform yang menyelenggarakan program-program bug bounty untuk beberapa perusahaan terbesar di dunia, seperti PayPal, Twitter, Snapchat, Shopify, General Motors, Kendur, dan Uber.

Sebelum mempublikasikan program ini, Sony sebenarnya telah menjalankan VRP, namun khusus undangan pribadi sejak tahun lalu.

Baca Juga: “HackerOne Sudah Memberi Reward Sekitar $100.000.000 Pada Para Bug Hunter

Yang Terakhir Diantara 3 Perusahaan Besar, Namun Hadir Dengan Hadiah Terbesar

Sony adalah yang terakhir dari tiga perusahaan besar dalam bidang game yang meluncurkan program bug bounty resmi. Nintendo adalah perusahaan pertama yang meluncurkannya pada tahun 2016, diikuti oleh Microsoft untuk platform gaming Xbox pada Januari 2020.

Namun Sony menawarkan hadiah terbesar diantara ketiganya, dengan hadiah tertinggi $50.000+, dibandingkan yang ditawarkan oleh Microsoft dan Nintendo di kisaran $20.000.


Muhammad Zaky Zulfiqor

Just a simple person who like photography, videography, code, and cyber security enthusiast.