PT. Digital Media Techindo

Perum Pondok Tandala, Jl. Bungur V No. 230
Kawalu, Kota Tasikmalaya
Jawa Barat - Indonesia 46182


Kita kadang meraasa kesal ketika bermain game ada gamers/pemain yang AFK (Away From Keyboard) atau keluar ketika permainan sedang berlangsung. Untuk mengatasi tersebut, Sony dikabarkan telah memiliki paten baru untuk mengatasi masalah gamers AFK tersebut menggunakan AI.

Paten ini bisa jadi menunjukkan kalau Sony akan menggunakan AI untuk menggantikan gamers AFK pada game multiplayer. Paten ini pertama kali diketahui oleh pengguna Reddit, WolfgangKaipZ.

Sumber : wickedgoodgaming.com

Konsep untuk menggantikan pemain AFK dengan komputer sebenarnya bukan ide baru. Sudah sejak lama konsep ini ada dan sudah diterapkan. Namun paten yang dihadirkan Sony tampaknya sudah selangkah lebih maju dibandingkan komputer biasa. 

Dengan mengandalkan teknologi AI, Sony dapat mempertahankan cara bermain orang sebelumnya. AI akan menganalisa cara bermain seseorang dan menghitung apa saja yang sudah dilakukan pemain tersebut sebelum keluar permainan. Nah, jika pemain tiba-tiba keluar atau tidak memberikan respon dalam waktu lama, AI akan langsung menggantikannya.


Baca Juga : Setelah Sempat Tertunda, Akhirnya Sony Umumkan Perilisan PlayStation 5

Dilansir dari IGN (15/6), permainan dapat terus berjalan tanpa interupsi atau gangguan. Paten ini memungkinkan permainan tetap berlangsung menyenangkan. Pola permainan yang diberikan AI tersebut tidak akan selalu sama, seperti halnya skrip yang ditulis ketika sebuah karakter dijalankan dengan komputer. Polanya akan mirip dengan gaya bermain pemain sebelumnya.