PT. Digital Media Techindo

Perum Pondok Tandala, Jl. Bungur V No. 230
Kawalu, Kota Tasikmalaya
Jawa Barat - Indonesia 46182


Sebuah arsip rahasia besar-besaran Windows 10 milik Microsoft, dan source code Windows 10 Build telah dilaporkan bocor secara online, yang dapat menyebabkan gelombang eksploitasi di Windows 10 yang mengerikan.

File bocor – yang diupload di situs BetaArchive – berisi lebih dari 32 terabyte data, yang mencakup Windows 10 dan Windows Server 2016 yang tidak umum yang dibuat oleh insinyur Microsoft untuk tujuan pengujian.

Menariknya, pembuatan internal Windows 10 mencakup simbol debugging pribadi yang didefinisikan oleh para insinyur biasanya untuk membantu pengembang in-house lainnya memahami bagaimana beberapa kode spesifik dalam sistem operasi bekerja dan fungsi apa yang dia panggil, menurut The Register.

Simbol debugging mengungkapkan beberapa pengetahuan mendalam yang sensitif tentang sistem operasi yang dapat digunakan dengan memanfaatkan penulis untuk menemukan kerentanan.

Selain itu, dump tersebut juga berisi Shared Source Kit Microsoft, yang mencakup kode sumber untuk driver perangkat keras Windows 10, seperti:


  • Sistem Plug and Play
  • Stack USB
  • Stack Wi-Fi
  • Driver Penyimpanan
  • Kode kernel OneCore khusus ARM

Menurut situs Microsoft, Shared Source Kit hanya tersedia untuk “pelanggan, perusahaan, pemerintah, dan mitra yang memenuhi syarat untuk tujuan debugging dan referensi.” Namun, BetaArchive mengatakan bahwa kebocoran hanya berukuran 1,2GB dan sekarang telah dihapus dari servernya.

Kami telah menghapusnya dari FTP dan daftar kami sambil menunggu peninjauan lebih lanjut jika kami melewatkan sesuatu di rilis awal kami. Kami saat ini tidak memiliki rencana untuk mengembalikannya sampai tinjauan ulang isinya selesai dilakukan, dan hal itu dianggap dapat diterima berdasarkan peraturan kami.BetaArchive mengatakan.

File yang bocor juga berisi , sebuah toolkit perangkat lunak pribadi yang dibuat oleh Microsoft yang dirancang untuk menjalankan sistem operasi Windows 10 pada perangkat mobile.

Sejauh ini, tidak jelas siapa yang berada di balik kebocoran besar ini, tapi bisa dari salah satu mitra OEM Microsoft.

Microsoft Mengkonfirmasi Kebocoran

Microsoft telah mengkonfirmasi bahwa sebagian source code Windows 10 telah bocor secara online. “Kajian kami mengkonfirmasikan bahwa berkas-berkas ini sebenarnya merupakan bagian dari source code Shared Source Initiative dan digunakan oleh OEM serta mitra,” kata juru bicara Microsoft Kepada The Verge.