PT. Digital Media Techindo

Perum Pondok Tandala, Jl. Bungur V No. 230
Kawalu, Kota Tasikmalaya
Jawa Barat - Indonesia 46182


Source code untuk Windows XP, Windows Server 2003, dan sistem operasi Microsoft lainnya bocor secara online pada minggu ini.

Source code OS tersebut bocor secara online sebagai file torrent 42,9 GB di situs 4chan, situs yang sering dikunjungi oleh para troll dan kelompok ekstremis.

Isi file torrent ini mencakup source code untuk beberapa sistem operasi Microsoft yang lawas, seperti Windows 2000, Embedded (CE 3, CE 4, CE 5, CE, 7), Windows NT (3.5 dan 4), XP, dan Server 2003.

File tersebut juga berisi source code dari sistem operasi Xbox pertama, MS-DOS (3.30 dan 6), dan source code untuk berbagai komponen Windows 10.

(Gambar: ZDNet)

Meskipun Microsoft pada saat artikel ini diterbitkan belum mengkonfirmasi kebocoran tersebut, beberapa ahli Windows yang menganalisis file tersebut mengatakan bahwa file tersebut sah, tetapi juga meremehkan pentingnya kebocoran tersebut.

Banyak dari file yang bocor tersebut sebenarnya sudah pernah bocor di tahun-tahun yang sudah berlalu, dan kebocoran tersebut tampaknya merupakan kumpulan item sebelumnya.

Sebagai contoh, source code beberapa komponen Windows 10 bocor secara online pada 2017 sementara file Xbox dan Windows NT bocor pada awal tahun ini. Kebocoran lain yang bahkan lebih lawas, seperti yang pernah bocor dalam forum dan milis awal 2010-an.

Satu-satunya item baru yang hadir dalam kebocoran minggu ini adalah source code untuk Windows XP, Server 2003, dan Windows 2000.


Leaker mengklaim bahwa banyak paket source code OS telah ditimbun dan dipertukarkan secara pribadi oleh para broker data.

Microsoft secara historis menyediakan akses ke source code sistem operasinya kepada pemerintah di seluruh dunia untuk tujuan audit keamanan dan kepada tim akademis untuk tujuan penelitian ilmiah.

Kebocoran data masih menjadi hal baru bagi masyarakat umum, namun sudah bukan kejutan bagi akademisi dan pengembang perangkat lunak.

Selain itu, ada juga beberapa masalah dengan kebocoran minggu ini, yang oleh banyak orang disebut sebagai aksi.

Alasannya adalah kebocoran itu dipublikasikan di 4chan, tempat pertemuan reguler untuk QAnon, kelompok sayap kanan yang berbagi teori konspirasi bodoh secara online. File torrent yang bocor itu dipenuhi dengan bermacam-macam video yang menjajakan berbagai teori konspirasi Bill Gates, juga dengan beberapa agenda QAnon yang aneh.

Baca Juga: “Source Code & Private Windows 10 Build Bocor?

(Gambar: ZDNet)

QAnon, di samping mereka itu aneh atau tidak, file yang bocor tampaknya sah. Namun, saat ini masih belum jelas apakah file tersebut bisa dikompilasi dan mem-boot-nya atau tidak.

Ini kemungkinan besar akan memakan waktu berhari-hari untuk memverifikasi kecuali Microsoft memutuskan untuk mengklarifikasi ini dalam pernyataan publik.

Sumber:

Muhammad Zaky Zulfiqor

Just a simple person who like photography, videography, code, and cyber security enthusiast.