PT. Digital Media Techindo

Perum Pondok Tandala, Jl. Bungur V No. 230
Kawalu, Kota Tasikmalaya
Jawa Barat - Indonesia 46182


Melindungi komputer dari virus tidak terlalu sulit, tetapi Kamu harus tetap melakukan tindakan pencegahan. Di artikel kali ini kita akan membahas mengenai 20 Tips Melindungi Windows Dari Virus.

Rintangan pertama Windows PC adalah virus dan trojan. Banyak pengguna tampaknya selalu bingung tentang apa yang dapat mereka lakukan untuk mencegah virus. Karena itu, beberapa poin penting yang harus diketahui, jika Kamu mengikuti poin di bawah ini, kemungkinan komputer kamu terkena virus pasti akan berkurang.

Selalu update dan cari tahu di internet bagaimana menjaga keamanan komputer dari virus karena peretas berusaha menemukan cara baru untuk meretas komputer kamu dari virus.

Cara Melindungi Windows Dari Virus

1. Instal Microsoft Security Essentials (Antivirus)

Install Microsoft Security Essentials (Antivirus)

Microsoft Security Essentials adalah Antivirus Gratis Microsoft untuk setiap pengguna PC Windows. MSE memindai PC Windows Anda dari virus, perangkat lunak yang tidak diinginkan, trojan, dan file berbahaya. Jika Kamu tidak menjalankan antivirus premium, unduh antivirus gratis ini dari situs web Microsoft dan instal di sistem Kamu. Alat keamanan MSE mengunduh semua pembaruan keamanan terbaru dari pembaruan Windows sehingga mesin Windows selalu aman dari virus dan trojan.

2. Update Terus Windows Kamu

Keep Your Window Up To Date

Jika Kamu menggunakan Windows 7, 8 dan 10 OS selalu jaga agar pembaruan Windows kamu aktif. Microsoft selalu merilis patch baru dan pembaruan keamanan untuk OS Windows. Pembaruan dan patch keamanan baru ini menjaga komputer Kamu aman dari virus dan eksploitasi. Selalu perbarui komputer Kamu agar terhindar dari virus.

3. Update Software Setiap saat

Nah, celah tidak hanya berada di sistem operasi Windows, ia juga berada pada perangkat lunak yang diinstal pada sistem komputer Kamu. Bahkan, perangkat lunak yang sudah ketinggalan zaman adalah salah satu alasan paling utama untuk infeksi virus. Jadi, pastikan untuk memperbarui software ke versi terbaru dan instal semua patch keamanan. Untuk mempermudah, Kamu dapat menggunakan pembaruan software khusus untuk memperbarui semua perangkat lunak yang diinstal hanya dalam satu klik.

4.  Jika Install Aplikasi Baru, Jalankan di Virtual Machine sebelum diinstall di Sistem

Saat Kamu mengunduh perangkat lunak dan aplikasi dari situs web tidak resmi, Kamu tidak tahu bagaimana software itu dapat memengaruhi sistem. Seringkali perangkat lunak ini mengandung virus dan trojan. Coba perangkat lunak aneh di Virtual Machine (Virtual Box, VM Ware, dll). Virtual Machine menjalankan perangkat lunak Anda di lingkungan virtual, sehingga perangkat lunak berbahaya tidak akan pernah memengaruhi komputer secara langsung. Saat Kamu menginstal banyak aplikasi, PC Kamu mungkin lambat, dan Kamu tidak tahu cara mempercepat PC Windows.

5. Firewall

Selalu aktifkan Firewall ketika koneksi jaringan terhubung. Ketika Kamu menggunakan antivirus seperti Kaspersky dan Avast, mereka memberikan perangkat lunak firewall bawaan. Tetapi, jika Kamu tidak menggunakan Antivirus apa pun, selalu nyalakan firewall sistem Kamu. Setiap kali Kamu menginstal perangkat lunak baru di sistem, selalu periksa aturan firewall dari perangkat lunak itu.

6. Browser

Browser web adalah gerbang utama untuk virus dan malware. Oleh karena itu, pastikan untuk memperbarui browser Anda dan mengatur pengaturan keamanan yang tepat untuk browser Kamu, seperti ‘Peringatkan saya ketika situs mencoba menginstal add-on, memblokir situs yang mencurigakan, dll.

7.  Jangan Pernah Buka Email dan situs Tidak Resmi

Saat Kamu menjelajah internet, jangan pernah membuka situs web jahat. Gunakan Browser Google Chrome. Di browser Chrome ketika Kamu mengklik situs web yang mencurigakan, Google Chrome memperingatkan Kamu. Jangan pernah membuka tautan tersembunyi di email, jika Kamu tidak tahu apa yang ada di dalamnya.

8. Jaga Jarak Dari Situs Web yang Terinfeksi

Kita mengunjungi banyak situs tanpa mengetahui apakah situs tersebut aman untuk dijelajahi atau tidak. Sering kali kita melihat banyak iklan Popup muncul di depan layar yang selalu membuat kita mengunduh halaman. Jenis situs ini dapat menipu kamu. Jadi, lebih baik untuk lihat kunci hijau di bilah alamat yang berisi awalan “Https” saat berurusan dengan situs perbankan mana pun.

9. Periksa Ulasan Sebelum menginstal perangkat lunak itu

Nah, ini salah satu cara terbaik untuk Melindungi Windows Dari Virus. Karena sebagian besar ancaman seperti virus, malware masuk ke komputer kita melalui file perangkat lunak. Jadi, kita perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum menginstal perangkat lunak apa pun. Komentar atau ulasan pengguna adalah salah satu hal terbaik untuk diketahui tentang jenis file yang akan diunduh. Periksa apakah file yang diunduh menerima komentar positif atau negatif. Jika menemukan bahwa perangkat lunak telah menerima banyak komentar negatif, maka lebih baik untuk mempertimbangkan alternatif. Jadi, pastikan untuk memeriksa bagian komentar sebelum mengunduh file dari mana saja.


10. Menggunakan Browser Web Yang Baik Dan Tepercaya

Baru-baru ini diklaim bahwa pemasangan baru setiap OS Windows dengan Internet Explorer akan terinfeksi dalam beberapa menit saat menjelajah internet. Fakta sebenarnya di balik ini adalah peretas biasanya menargetkan Internet Explorer setiap hari. Jadi menggunakan Google Chrome atau Mozilla Firefox akan menjadi pilihan yang lebih baik.

11. Perbarui Perangkat Lunak Anti-Virus

Nah, memiliki solusi keamanan yang tepat untuk Melindungi Windows Dari Virus adalah langkah pertama dan mempertahankannya adalah yang kedua yang perlu Kamu lakukan. Jika Kamu mencari antivirus gratis, izinkan saya memberi tahu Kamu, antivirus itu tidak berfungsi. Dianjurkan memiliki antivirus berbayar dan memperbaruinya secara rutin akan memastikan Windows Kamu bebas risiko.

12. Memanfaatkan Anti-Virus dengan Mengatur Pemindaian Terjadwal

Sangat sering kita mengabaikan perangkat lunak Antivirus, kita merasa bahwa menginstal solusi keamanan yang tepat sudah cukup. Namun, kita harus menjalankan pemindaian komputer lengkap dalam interval reguler. Jadi, pastikan Kamu telah mengatur jadwal pemindaian pada perangkat lunak Antivirus. Coba jalankan pemindaian keamanan penuh pada malam hari ketika Kamu tidak menggunakan komputer. Hal ini akan Melindungi Windows Dari Virus.

13. Pindai Malware

Yah, terkadang bahkan program antivirus terbaik gagal mempertahankan serangan sesekali. Malware baru sedang dibuat setiap hari. Oleh karena itu, pastikan untuk memiliki pemindai malware waktu nyata yang dapat melihat dan menghentikan malware saat mereka tiba. Malwarebytes Versi gratis akan menjadi pilihan terbaik untuk Melindungi Windows Dari Virus..

14. Selalu Pindai Flashdisk dari Virus dan Trojan

Saat mencolokkan Flashdisk atau Kartu Memori, selalu pindai Flashdisk dari virus menggunakan antivirus. Banyak virus datang dari Pendrive dan penyimpanan media lainnya. Jika Kamu meragukan file apa pun, tetapi antivirus kamu tidak menunjukkan kecurigaan, cobalah pemindai virus online. Pindai File & Url dari Pemindai Online.

15. Memiliki Dua Akun

Sebagian besar, malware dan virus memerlukan hak administrator untuk membahayakan komputer Kamu. Jadi, kamu memakai akun tipe administrator untuk mengelola Windows, dan akun pengguna lokal untuk bekerja dan bermain. Jadi, pastikan untuk membuat akun administrator baru, lalu ubah jenis akun yang ada menjadi Lokal.

16. Manajemen Password

Kamu harus mempelajari seni Manajemen Password karena memainkan peran utama untuk mengamankan data online Kamu. Kamu harus tahu perbedaan utama antara password baik dan password buruk. Seringkali kita menggunakan akun email, dan kita sering mengunduh file melalui akun itu. Bagaimana jika seseorang memasang keylogger dan kamu dengan sengaja mengunduh dan menginstalnya. Jadi selalu amankan dan jaga kerahasiaan password Kamu.

17. Amankan Jaringan

Nah, sekarang semua orang entah bagaimana terhubung ke internet. Jika Kamu memiliki jaringan WiFi di rumah, pastikan untuk mengamankannya dengan mengatur kata sandi yang aman. Kamu tidak boleh membiarkan koneksi WiFi terbuka untuk siapa pun, selalu gunakan enkripsi WPA atau WPA2. Yah, menyiarkan bahkan SSID juga bukan ide yang baik karena peretas masih dapat mencoba mengakses jaringan Anda.

18. Jangan Gunakan Wifi Publik

Semua orang suka internet gratis. Namun, jaringan Wifi Publik yang digunakan untuk terhubung dan mendapatkan internet gratis dapat dikenakan biaya banyak. Bayangkan sekali saja, jika kamu dapat mengakses jaringan tanpa masalah, apa yang dapat dilakukan peretas terlatih? Ya, bahkan jika Anda ingin terhubung ke WiFi Publik, pastikan tidak melakukan transaksi keuangan apa pun saat terhubung ke jaringan WiFi yang sama.

19. Selalu Periksa Sebelum Mengunduh

Pertama-tama, Kamu harus selalu mengunduh file dari situs web tepercaya. Namun, jika situs web tepercaya tidak menyediakan perangkat lunak yang sangat dibutuhkan, maka pastikan untuk mengunduhnya dari situs yang menjalankan protokol HTTPS. Selain itu, kamu harus selalu memeriksa ulang sebelum mengunduh file apa pun dari internet. Peretas sering mendorong malware, virus sebagai tambahan yang dibundel dengan data. Ya, memiliki program antivirus yang baik akan memblokir file berbahaya secara otomatis, tetapi masih disarankan untuk memeriksa ulang file sebelum mengunduh sehingga dapat Melindungi Windows Dari Virus..

20. Cadangan Sistem

Alasan mengapa ini disebut diakhir adalah bahwa ini merupakan hal yang paling penting dan harus melakukan persiapan, yang harus dilakukan semua orang. Tidak masalah tindakan pencegahan apa pun yang Kamu ambil hari ini, tetapi jika Kamu ingin menjaga data yang sangat berharga agar tetap aman, maka Kamu harus membuat cadangan Sistem lengkap hari ini. Ini akan menjadi penyelamat jika virus mematikan baru saja merusak penyimmpanan Sistem.

Ikuti langkah-langkah di atas dan pastikan Kamu mengikuti metode dengan benar karena satu kesalahan Kamu dapat merusak komputer Kamu. Komputer tidak akan pernah mengatakan “saya terkena Virus!” Karena ketika Kamu memperbarui antivirus Kamu, virus juga memodernisasi dirinya sendiri. Terus baca Artikel dan update terus Error 404 Cyber News karena kami akan posting mengenai teknik keamanan baru untuk mengamankan komputer kamu dari virus dan trojan.