PT. Digital Media Techindo

Perum Pondok Tandala, Jl. Bungur V No. 230
Kawalu, Kota Tasikmalaya
Jawa Barat - Indonesia 46182


Setelah sebelumnya kita belajar tentang Tutorial menjalankan python untuk pemula , sekarang kita akan mencoba menerapkannya langsung. Kita akan membahas tentang tutorial Belajar Python Dasar.

Belajar Python Dasar

Sebelum kita mulai mencobanya, kita akan membahas terlebih dahulu megenai beberapa teks editor atau source editor yang bisa digunakan untuk pemograman python.

Mengenal sekilas tentang Integrated Development Environment (IDE) Python

IDE adalah sebuah software aplikasi yang memberikan fasilitas bermanfaat ketika membuat program. Biasanya sebuah IDE terdiri dari source code editor build automation tools dan debugger.

Bagi mereka para programmer mastah atau yang sudah mahir tentunya mudah untuk menggunakan teks editor biasa. Akan tetapi bagi kita para pemula ada baiknya jika menggunakan IDE. Karena banyak fitur terutama untuk debugger.

IDE untuk Python ada banyak, tersedia bermacam-macam IDE dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Beberapa IDE untuk Python yang cukup populer adalah :

Chapter 1

Hello World Python

Meskipun ada sedikit perbedaan, akan tetapi Syntax bahasa Python hampir sama dengan bahasa pemrograman pada umumnya seperti Java atau PHP.

Syntax Dasar

Kita akan membuat salah satu fungsi Python yang paling dasar, yaitu fungsi yang digunakan untuk mencetak. Di Python untuk mencetak cukup gunakan fungsi print(). Dimana sesuatu yang akan dicetak harus diletakkan diantara kurung buka dan kurung tutup. Bahkan di Python versi 2.x kita tidak harus menggunakan tanda kurung, cukup pisahkan dengan spasi.

Akan tetapi jika kita ingin mencetak tipe data String secara langsung, kita harus menyisipkannya diantara tanda kutip terlebih dahulu.