PT. Digital Media Techindo

Perum Pondok Tandala, Jl. Bungur V No. 230
Kawalu, Kota Tasikmalaya
Jawa Barat - Indonesia 46182


Setelah Sebelumnya kita belajar mengenai Perulangan Python pada Chapter 5 . Sekarang Kita lanjutkan belajar Python dasar ke chapter selanjutnya yaitu mengenai Konversi Tipe Data Python.

Konversi Tipe Data Python

Konversi ini bertujuan untuk mendapatkan tipe data yang sesuai, biasanya kaitannya dengan operasi numerik dari tipe data. Misalnya kita ingin mendapatkan tipe data float dengan tujuan ketelitian, sedangkan data tersedia adalah bertipe integer. Maka kita harus mengkonversikan terlebih dahulu data tersebut kedalam float. Didalam Python sudah tersedia beberapa fungsi untuk melakukan konversi tipe data numerik.

int() Fungsi ini untuk mengubah kedalam tipe data integer. Bentuknya adalah int(data). Misalnya kita mempunyai data bertipe float yaitu 1.2, dan kita mau mengubah kedalam integer. Contoh:

>>> a = 1.2
>>> int(a)
1

Fungsi ini bisa digunakan untuk mendapatkan pembulatan kebawah dari suatu tipe data, dengan catatan bahwa hasil pembulatan tersebut adalah integer. Contoh:

>>> b = 1.8
>>> int(b)
1

long() Fungsi ini untuk mengubah kedalam tipe data long. Tipe data long mempunyai jangkauan data yang lebih baik daripada integer. Bentuknya adalah long(data). Contoh:

>>> a = 2
>>> long(a)
2L

float() Fungsi ini untuk mengubah data kedalam tipe data float. Bentuknya adalah float(). Contoh:

>>> a = 2
>>> float(a)
2.0

complex() Fungsi ini untuk mengubah data kedalam tipe data complex. Bentuknya adalah complex(data_real[, data_imajiner]). Contoh:


>>> a = 4
>>> complex(a)
(4+0j)

Contoh diatas digunakan untuk mengubah data kedalam tipe complex tanpa menyertakan argumen untuk bilangan imajinernya. Kita bisa juga menyertakan argumen bilangan imajinernya. Contoh:

>>> complex(4, 0)
(4+0j)

Ada 2 Macam Tipe Data

Didalam dunia pemrograman, dikenal ada 2 macam tipe data yaitu tipe data single dan tipe data sequence. Tipe data squence juga lebih dikenal dengan tipe data array. Salah satu tipe data single didalam Python yang akan kita bahas disini adalah tipe data numerik.

Tipe data numerik tergolong salah satu tipe data single karena hanya terdiri dari satu data. Tipe data numerik 4 macam, yaitu:

  1. Integer
  2. Long integer
  3. Real Number
  4. Complex Number

Tipe data integer bernilai bilangan bulat positif dan negatif. Didalam bahasa pemrograman C dikenal istilah unsigned integer dan signed integer. Unsigned integer digunakan programmer untuk memperlebar jangkauan memori, apabila bisa dipastikan tidak ada angka negatif dalam data tersebut. Di Python tidak dikenal istilah unsigned integer dan signed integer karena keduanya dijadikan satu menjadi integer.

Selain tipe data tunggal numerik, terdapat juga tipe data tunggal Boolean dan Byte. Bagi kamu yang terlebih dahulu mengenal pemrograman C atau C++ mungkin mengenal tipe data Char. Tipe data Char pada bahasa pemrograman yang lain mewakili 1 karakter. Pada Python, tipe data ini tidak ada.

Oke dicukupkan sekian tutorial mengenai Konversi Tipe Data Python. Di Artikel selanjutnya kita akan membahas Function pada Python di Chapter 7. See you next time 🙂