PT. Digital Media Techindo

Perum Pondok Tandala, Jl. Bungur V No. 230
Kawalu, Kota Tasikmalaya
Jawa Barat - Indonesia 46182




Pada hari kami lalu, Amazon mengakui bahwa ada salah ketik alias typo command selama sistem debugging rutin. Hal tersebut menyebabkan pemadaman panjang selama 5 jam dari beberapa Amazon Web Services (AWS) server.

Masalah tersebut menyebabkan puluhan ribu situs dan layanan menjadi benar-benar tidak bisa diakses. Sementara ada juga yang menampilkan link dan gambar rusak.

Situs dan layanan populer yang terpengaruh oleh masalah ini diantaranya Quora, Slack, Medium, Giphy, Trello, Splitwise, SoundCloud, dan IFTTT.

Berikut Sedikit Detail Apa Yang Sebenarnya Terjadi Tentang Masalah Tersebut:

Pada selasa pagi, anggota tim Amazon Simple Storage Service (S3) memulai debugging sistem billing cloud-storage S3.

Sebagai bagian dari proses, tim membutuhkan beberapa sistem billing server offline. Namun sayangnya, hal tersebut berakhir dengan server offline besar-besaran.


Sayangnya, salah satu masukan command yang dimasukan salah. Dan satu aset server yang besar telah dihapus dari yang dimaksudkan,” kata Amazon. “Server yang secara tidak sengaja dihapus ini merupakan server yang didukung dua subsistem S3 lainnya.

Adapun alasan mengapa butuh waktu lama dari yang diharapkan untuk me-restart layanan tertentu. Amazon mengatakan bahwa beberapa server belum pernah di restart selama bertahun-tahun.

Karena sistem S3 telah mengalami pertumbuhan yang besar selama beberapa tahun terakhir, proses restart layanan dan menjalankan pemeriksaan keamanan yang diperlukan untuk memvalidasi integritas metadata membutuhkan waktu lebih lama dari yang diharapkan.

Perusahaan meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dihadapi oleh pelanggan. Dan berjanji bahwa hal itu akan menempatkan pengamanan baru di tempat. Amazon juga mengatakan mereka membuat “beberapa perubahan” sebagai akibat dari insiden ini.

Karena hal ini, Amazon juga mengubah konsol administrasi untuk AWS Service Health Dashboard.


Just a simple person who like photography, videography, code, and cyber security enthusiast.