PT. Digital Media Techindo

Perum Pondok Tandala, Jl. Bungur V No. 230
Kawalu, Kota Tasikmalaya
Jawa Barat - Indonesia 46182




Berisi.id – Di era Digitalisasi saat ini, ditambah dengan kondisi pandemi yang mengharuskan berbagai kegiatan berlangsung secara daring semakin mempercepat proses transformasi ke era digital. Siring dengan pertumbuhan teknologi, maka potensi ancaman siber pun semakin besar. Sehingga  perlu untuk masyarakat Indonesia lebih aware dengan keamanan siber.

Dalam rangka memberi wawasan, pengetahuan dan kewaspadaan terhadap ancaman keamanan siber, IGNITE (PT PijarEdukasiTeknologi) – Member of Xynexis Group bersama Palo Alto Networks Indonesia menggelar rangkaian: Webinar IGNITE Cyber Security Month 2021.

Serangkaian kegiatan Webinar IGNITE Cyber Security Month 2021 ini berlangsung selama lima minggu sejak digelar pertama pada tanggal 14 Oktober 2021 dan berakhir pada 11 November 2021 setiap hari Kamis. Tema yang diusung dalam serangkaian kegiatan webinar ini mengangkat beberapa topik populer di bidang keamanan siber. Diantaranya meliputi Ransomware, Data Privacy, Security Operation Center (SOC), Digital Forensic, dan Security Awareness.

Baca Juga : Orang Siber Indonesia gelar Grand Launching Gerakan Orang Siber dan Webinar

Serangkaian Acara yang juga mendapatkan dukungan dari regulator seperti BSSN dan Kementerian Kominfo ini telah berakhir pada Kamis (11/11) kemarin. Selain itu, webinar IGNITE Cyber Security Month 2021 ini juga didukung oleh PT Xynexis International dan PT NOOSC Global.

Irjen Pol Dono Indarto S.IK, M.H – Deputi Bidang Strategi dan Kebijakan Keamanan Siber dan Sandi, Badan Siber Sandi Negara (BSSN) hadir dalam penutupan rangkaian kegiatan. Dalam sambutannya, ia mengungkapkan jika di tengah meningkatnya transformasi digital di kalangan masyarakat, pengetahuan dan pemahanan akan keamanan siber saat ini sangatlah penting.

“BSSN saat ini sedang membangun Strategi Keamanan Siber Nasional (SKSN) dan semoga secepatnya akan disahkan oleh Presiden RI. Kami berharap acara ini dapat memberikan kesadaran akan pentingnya keamanan siber untuk kita semua,” ujar Dono Indarto (11/11), dalam acara penutupan webinar IGNITE Cyber Security Month 2021, di Jakarta.

Dono Indarto berharap, melalui rangkaian webinar ini bisa meningkatkan IT Security awareness  di masyarakat. Serta menjadikan masyarakat memahami bahwa di dalam ruang siber banyak celah ancaman yang nyata.

Baca Juga : Indonesia Women in Cybersecurity (IWCS) Tingkatkan Literasi Digital Perempuan Indonesia

Menurut Eva Noor, CEO PT Xynexis International, yang melatarbelakangi terselenggaranya rangkaian kegiatan webinar ini adalah adanya perubahan aktifitas manusia di era Pandemi yang serta merta dapat mempengaruhi landscape keamanan siber. Selain itu, keadaan ini juga memaksa para pemangku kebijakan di perusahaan untuk beradaptasi dengan tantangan-tantangan baru. Karena itu isu-isu seperti Ransomware, Data Privacy, SOC, Digital Forensic dan Human Element sengaja diangkat menjadi topik bahasan pada webinar Cybersecurity Month 2021.


“Ignite (Member of Xynexis Group) Bersama Palo Alto Networks bekerjasama untuk menghadirkan ruang kolaborasi diskusi yang dinamakan Cyber Security Month 2021 ini. Semoga ini dapat menambah wawasan dan terus berjalan di tahun mendatang guma kepedulian kita mengantisipasi keamanan siber,” ucap Eva Noor.

Webinar IGNITE Cyber Security Month 2021 Berlangsung 5 Pekan
Suasana webinar Ignite Cybersecurity Month 2021 dengan tema “Security Awareness, Faktor Penting Manusia dalam Keamanan Siber”, Kamis, 11 November 2021. (Dok. Ignite)

Baca Juga : Program XCE IGNITE, Upaya Untuk Mendukung Proteksi Ancaman Siber 

Webinar IGNITE Cyber Security Month 2021 Hadir Selama 5 Pekan

Dalam pelaksanaan Webinar IGNITE Cyber Security Month 2021 yang berlangsung selama lima minggu dengan berbagai topik menarik yang berbeda. Pada pembukaan rangkaian kegiatan dibuka dengan topik Ransomware. Pada minggu kedua, mengusung topik menarik lainnya di dunia siber yaitu Data Privacy. Selanjutnya, pada minggu ketiga dan ke empat menyajikan topik yang tidak kalah penting yaitu Security Operations Center (SOC) dan Digital Forensic.

Terakhir, pada minggu kelima sebagai minggu penutup webinar IGNITE Cyber Security Month 2021, menghadirkan topik tentang Security Awareness, faktor penting manusia dalam keamanan siber. Para narasumber yang berkompeten dan ahli dibidangnya memberi pandangan dan paparan akan pentingnya sebuah awareness atau kepedulian dan kewaspadaan pada keamanan siber bagi seluruh pihak di setiap perusahaan atau organisasi instansi.

Adi Rusli, selaku Country Manager Palo Alto Networks (PANW) menyatakan bahwa kegiatan ini cukup menyita banyak perhatian dari masyarakat. Antusiasme masyarakat yang cukup luar biasa terlihat dari jumlah total peserta yang mencapai 1300.

“Penyedia solusi di bidang keamanan seperti Palo Alto Networks harus dapat melakukan sinergi dalam membangun kepekaan membangun resiliensi di bidang siber,” ujar Adi dalam rilis yang Berisi.id terima, Jum’at (12/11). “Semoga acara ini dapat memberikan dampak positif untuk kita semua,” lanjutnya.

Selain itu, ia juga menyebut jika awareness pada keamanan siber ini harus semua orang miliki. Pasalnya, manusia seringkali dianggap sebagai makhluk lalai dan rentan, bahkan kerap kali menjadi penyebab atau faktor lemah yang menjadi celah keamanan siber. Kurangnya Awearness juga menjadi target eksploitasi oleh pelaku kejahatan siber. Sesuatu serangan besar bisa bermula dari hal kecil. “Masalah yang sering terjadi dan dialami semisal kehilangan data, tereksposnya informasi penting atau informasi pribadi, dan lain-lain,” tutup Adi. (BA)