PT. Digital Media Techindo

Perum Pondok Tandala, Jl. Bungur V No. 230
Kawalu, Kota Tasikmalaya
Jawa Barat - Indonesia 46182




Lagi-lagi akhir tahun merupakan waktu bagi para hacker untuk beraksi. Para penyerang berlomba-lomba melakukan serangan pada beberapa website ternama. Hacker dari Indonesia pun tidak mau kalah, salah satu subdomain website Lion Air diretas nya. Meskipun di Indonesia ramainya ngedeface daripada DDoS 😀

Setelah sebelumnya situs maskapai Garuda Indonesia berhasil ditembus, kali ini kasus peretasan datang lagi dari situs maskapai penerbangan. Target dari peretasan kali ini yaitu subdomain dari website Lion Air yang berlokasi di http://recruitment.lionair.co.id. Pelaku peretasan ini adalah defacer dengan kodenama ice-cream. Defacer tersebut berhasil mengupload script defacenya di salah satu direktori Recruitment Lion Air, yaitu http://recruitment.lionair.co.id/FileUpload/.


Subdomain Website Lion Air Diretas

Lion Air adalah sebuah maskapai penerbangan bertarif rendah yang berpangkalan pusat di Jakarta, Indonesia. Lion Air sendiri adalah maskapai swasta terbesar di Indonesia. Sehingga wajar memang jika banyak yang “tertarik” untuk melakukan testing terhadap keamanan di situs Lion Air.

Pelaku memang tidak mengubah secara frontal. Dia hanya mengubah tampilan dari direktori penyimpanan data yang diunggah di FileUpload. Dan tidak ada pesan khusus yang tertera pada halaman dafacenya.

Grup Hacker ini tidak terlalu banyak merubah isi website. Juga tidak menuliskan beberapa pesan. Mereka hanya menuliskan grup dan nickname mereka, serta menyisipkan music audio di website tersebut. Sampai saat ini belum ada perbaikan dari pihak pengelola situs website Lion Air tersebut.