PT. Digital Media Techindo

Perum Pondok Tandala, Jl. Bungur V No. 230
Kawalu, Kota Tasikmalaya
Jawa Barat - Indonesia 46182




Sudah lebih dari seminggu sejak Wikileaks berjanji untuk menyerahkan informasi lebih lanjut tentang tool hacking dan taktik dari CIA (Central Intelligence Agency). Yang mana informasi tersebut ditujukan kepada perusahaan teknologi yang terkena dampak. Menyusul kebocoran dari sekitar 8.761 dokumen yang Wikileaks klaim milik unit hacker CIA.

Kami telah memutuskan untuk bekerja sama dengan mereka. Untuk memberi mereka beberapa akses eksklusif ke beberapa rincian teknis yang kita miliki, sehingga dapat mendorong keluarnya perbaikan.” kata pendiri WikiLeaks, Julian Assange saat konferensi pers Facebook Live pekan lalu.

Setelah menunggu, Assange membuat kontak pertama dengan Apple, Microsoft, dan Google minggu ini. Dan akhirnya membuat niatnya jelas, bahwa tidak akan share bug dan kerentanan sampai tuntutan tertentu terpenuhi.

Dari beberapa sumber anonim, Motherboard mengatakan Assange mengirim email ke Apple, Google, Microsoft dan perusahaan lainnya yang disebutkan di Vault 7. Bukannya melaporkan bug dan eksploitasi yang ditemukan dalam dokumen CIA yang bocor, tapi ia membuat beberapa tuntutan .


Sebuah dokumen termasuk dalam email yang terdaftar sebagai “a series of conditions“. Yang menjelaskan bahwa perusahaan teknologi perlu memenuhi beberapa tuntutan sebelum memperoleh akses ke rincian teknis yang sebenarnya dan kode tool hacking.

Perusahaan Hanya Diberi Waktu 3 Bulan Untuk Merilis Patch

Meskipun kondisi yang tepat masih belum jelas, salah satu sumber menyebutkan batas waktu pengungkapan adalah 90 hari. Yang mana berarti perusahaan teknologi hanya diberi waktu 3 bulan untuk mengeluarkan patch kerentanan.

WikiLeaks dan pemerintah memegang semua kartu di sini. Tidak banyak perusahaan teknologi yang dapat melakukan patch sendiri selain fanatik melihat melalui source kode mereka untuk mencari masalah terkait.” kata salah satu sumber anonim.

Vault 7 hanyalah awal dari seri pengungkapan Year ZeroWikiLeaks. Mereka berjanji untuk melepaskan lebih banyak kebocoran dari instansi pemerintah dan intelijen dalam beberapa pekan mendatang.

[wysija_form id=”1″]


administrator

Just a simple person who like photography, videography, code, and cyber security enthusiast.